ANALISA ESTETIKA DALAM ARSITEKTUR RUMAH BERSUBSIDI (KPR)

10:30:00 AM Arif Abdurrahman 0 Comments

       
  Salam Arsitektur untuk kamu yang sedang berarsitektur. Kali ini saya akan memposting tugas akhir mata kuliah "Estetika Arsitektur". Dalam hal ini saya dituntut untuk menganalisa estetika dari struktur atau arsitektur pada bangunan yang sudah ada. Inilah hasil analisa dan judul yang saya angkat. Langsung saja.



Rumah Bersubsidi (KPR)
Rumah Bersubsidi (KPR) adalah kredit pemilikan rumah program kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan suku bunga rendah dan cicilan ringan dan tetap sepanjang jangka waktu kredit, terdiri atas KPR untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun. (btn.co.id) 


Bagaimana rumah Bersubsidi KPR dibuat?
Rumah bersubsidi dibuat pada lahan yang luas dengan ukuran dan luas tertentu. Rumah dibangun dengan cara repetisi ke samping. Menghemat seminimal mungkin lahan, sehingga dengan lahan tertentu, mendapatkan jumlah rumah yang banyak.

RAB dari rumah bersubsidi dibuat sedemikian rupa sehingga pengeluaran dengan output rumahnya sebanding, dengan harga yang minimal.


Konsep Bangunan Rumah bersubsidi

Menurut saya, konsep bangunan rumah bersubsidi lebih kepada ekonomis dan praktis, karena Developer dituntut untuk membangun lebih cepat dan dengan biaya yang semini mungkin. Tetapi tetap memenuhi persyaratan bangunan rumah atau tempat tinggal.




Prinsip Dasar Estetika dan Desain?
Menurut saya, sebagaian besar rumah bersubsidi memiliki fasad yang asimetris Betul asimetris tapi tidak balance (seimbang).
Kanan dan kiri tidak Balance (seimbang)
Dalam desain rumah bersubsidi yang lain banyak menggunakan repetisi pada perlubangan, seperti jendela, ventilasi dan pola-pola estetis,
Repetisi pada perlubangan jendela dan pola dinding


Estetika pada Fasad Bangunan
Permainan estetika dalam rumah bersubsidi biasanya diterapkan pada fasad bangunan.

Pola pola pada dinding, pemilihan warna, dan tekstur yang digunakan lebih sering dipakai dalam berestetika.
Fasad bangunan


Estetika pada Bentuk Atap
Hampir semua bentuk atap rumah bersubsidi adalah pelana yang mengarah ke samping.

Fungsinya agar air hujan jatuh di halaman depan dan belakang rumah, bukan ke tetangga.

Permainan estetika atap berada pada atas pintu utama. Biasanya diberi tonjolan. Fungsinya agar air hujan yang jatuh mengarah ke samping, tidak mengarah pada jalan masuk atau jalan utama


Tonjolan atap pada jalan utama menuju pintu


Bagaiana Solusi Arsitektural untuk Rumah Bersubsidi Saat Ini?
Dengan persaingan pasar yang sengit, banyak Developer dan Perbankan mulai berlomba lomba membangun perumahan. Dari situlah arsitektur bisa berperan.
Estetika bisa meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli rumah.
Dengan Estetika yang dinomerduakan setelah faktor ekonomi dan didukung oleh faktor lain, saya yakin nilai penjualan akan meningkat. Karena, orang beranggapan bahwa estetika itu mahal dan hanya untuk kelas atas. Apabila diterapkan dalam rumah bersubsidi, orang akan tertarik untuk memilih estetika.
Jadi, estetika yang diterapkan dalam rumah bersubsidi membuat nilai penjualan meningkat
Penerapannya bisa dalam bentuk pola warna, repetisi jendela, pattern dinding, aksen fasad, dll.
Tapi bisa jadi RAB akan menjadi sedikit lebih tinggi.

0 komentar: